Tags





Cara Cepat Hamil

Cara Cepat Hamil Dengan Pijat Kesuburan Pesan Disini!

Breaking News

Recent Posts

recentposts

Penyebab Utama Kematian Ibu Saat Melahirkan

Posting Komentar




Penyebab Utama Kematian Ibu Saat Melahirkan





ZONATERAPI - Mayoritas penyebab kematian ibu yang terjadi di negara berkembang dikarenakan akibat komplikasi kehamilan, persalinan serta buruknya kinerja pelayanan kesehatan. Hari ini, curhatbidan.comakan membahas secara rinci mengenai penyebab utama kematian ibu saat melahirkan.

Pendarahan adalah penyebab paling mungkin ketiga, kematian bagi wanita di negara-negara berpenghasilan rendah (Organisasi Kesehatan Dunia "WHO", 2008)
Angka dari WHO (2008) menunjukan bahwa pendarahan ibu merupakan penyebab paling mungkin ketiga, dengan angka yang mencapai 58.000 kematian. Sedangkan aborsi yang tidak aman menjadi penyebab kematian ibu nomor ke lima, dengan angka yang mencapai 24.000 kematian.
Penyebab Utama Kematian Ibu Saat Melahirkan
Penyebab utama kematian ibu diklarisifikasikan sebagai langsung dan tidak langsung. Penyebab langsung berkaitan dengan komplikasi dari kehamilan, persalinan dan periode pasca-partum. Dikatakan penyebab langsung untuk kematian ibu mencapai 80%. Sedangkan penyebab tidak langsung, berkairan dengan kondisi medis yang dapat di perburuk oleh tuntutan fisiologis kehamilan. 




Gambaran singkatnya ialah sebagai berikut :

A. Penyebab Langsung

Penyebab ini tidak dapat diprediksi, karena bisa jadi merupakan kecelakaan saat proses persalinan, bisa juga karena kondisi ibu yang tiba-tiba drop / melemah, dan kondisi lainnya.


1. Pendarahan




*.Penyebab ini menyumbang sekitar 25% dari kematian ibu saat melahirkan dan risiko yang paling serius secara tunggal untuk kesehatan ibu.

*.Pendarahan hebat atau kehilangan darah ini bisa terjadi selama kehamilan, persalinan ataupost-partum

*.Pendarahan yang tidak terkontrol dapat dengan cepat menyebabkan kematian tanpa intervensi medis.

*.Namun, kondisi ini bisa diobati dengan transfuse darah,oxytocics(obat yang menginduksi kontraksi uterus untuk menghentikan pendarahan) atau penghapusan manual plasenta.

2. Sepsis Atau Infeksi



*.Penyebab ini menyumbang sekitar 15% dari kematian ibu saat melahirkan.

*.Terkait dengan kebersihan yang buruk dan pengendalian infeksi pada saat persalinan yang kurang baik, atau adanya infeksi menular seksual yang tidak diobati selama kehamilan.

*.Kondisi ini dapat dicegah atau dikelola dengan standar yang tinggi untuk pengendalian infeksinya, pengujian prenatal yang tepat dan pengobatan infeksi ibu yang tepat, juga penggunaan yang tepat dari antibiotic intravena atau intramuscular selama periode persalinan danpost-partum.


3. Gangguan Hipertensi



*.Penyebab ini menyumbang sekitar 12% dari kematian ibu saat melahirkan

*.Pre-eklampsia atau dikenal juga sebagai toksemia kehamilan ditandai dengan tekanan darah tinggi(hipertensi),proteinurea (protein dalam urin, atau pembengkakan edema umum), juga berat badan. Jika tidak diobati dengan pengobatan yang tepat dapat menyebabkan eklampsia.

*.Eklampsia ditandai dengan gagal ginjal, kejang, dan koma selama kehamilan atau pasca-partum. Dapat menyebabkan kematian ibu atau bahkan sang bayi,

*.Pre-eklampsia dapat diidentifikasi pada periode prenatal dengan memantau tekanan darah, skrining urin untuk protein , dan melalui penilaian fisik oleh sang dokter yang sudah ahlinya.

*.Pengobatan yang tersedia untuk kondisi ini saat melahirkan termasuk penggunaan obat penenang atau obatanti-convulsant.


4. Proses Persalinan Yang Terlalu Lama Atau Terhambat



*.Penyebab ini menyumbang sekitar 8% dari kematian ibu saat melahirkan.

*.Biasanya disebabkan oleh CPC atausefalopelvik disproporsi,disproporsi antara ukuran kepala janin dan panggul ibu, yang menyebabkan lamanya bayi keluar, atau bisa juga karena posisi janin saat pengiriman. Bisa di sebut sebagai bayi sunsang.

*.Peningkatan insiden antara perempuan dengan status gizi buruk.

*.Penggunaan metode persalinan pervaginam yang dibantu, seperiforceps, vacuum extractor, atau melakukan bagian Caesar yang dapat mencegah hasil yang merugikan.

*.Terjadinya CPC yang menjadi penyebab utama darifistula obstetric.


5. Aborsi Yang Tidak Aman



*.Kondisi ini menyumbang sekitar 13% dari kematian ibu saat melahirkan.

*.Di beberapa bagian dari akun aborsi yang tidak aman di dunia mencapat seperti dari kematian ibu.

*.Sekitar 67.000 kasus kematian aborsi yang terkait, terjadi setiap tahunnya di seluruh dunia.

*.Dapat dicegah dengan memberikan aborsi yang aman, pelayanan KB berkualitas, dan perawatan pasca-aborsi yang kompeten.


B. Penyebab Tidak Langsung

*.Kondisi ini menyumbang sekitar 20% dari kematian ibu.

*.Sudah ada kondisi medis sebelumnya, seperti anemia, malaria, hepatitis, penyakit jantung danHIV/AIDSyang semuanya memang dapat meningkatkan risiko kematian ibu saat melahirkan.

*.Risiko hasil yang merugikan dapat dikurangi melalui identifikasi prenatal dan pengobatan serta ketersediaan pelayanan kebidanan darurat mendasar yang sesuai kegawatdaruratan kebidanan pada saat proses pengiriman.
Untuk setiap kematian ibu ada sekitar tiga puluh kali lebih banyak kasus penyakit kehamilan yang terkait atau cacat. Misalnya, fistula obstetri (pembukaan antara kandung kemih dan vagina) biasanya merupakan hasil dari persalinan yang terhambat. Hal ini menyebabkan inkontinensia (ketidakmampuan menahan kencing). Meskipun fistula dapat dicegah dengan perawatan kebidanan yang baik, mereka memiliki konsekuensi tragis bagi banyak perempuan, yang sering ditinggalkan dan terisolasi.


Nah itulah beberapa penyebab utama kematian ibu saat melahirkan, semoga bermanfaat. Jangan sungkan untuk bertanya kepada kami mengenai keluhan yang Anda miliki :)


Mungkin Anda tertarik juga untuk membaca :




TERAPI PIJAT PERSIAPAN BERSALIN BANCAR KEMBALIKLIK DISINI!!!



-
ZTTV
Spiritual AI,Karamah of Laduni, Blogging of Blogging - Mystery, Desainer, Template, SEO, Google AdSense, Bussines Online, Comunity, Jurnalistik, Humas, Writer, Speaking, MC, Presentation, Media, Radio, Breaking News, Tips Blogging, Coding, Travel, Tour, Therapy, Novel, Healty, Videos, Youtube, Spiritual etc.

Related Posts

Posting Komentar